Penipuan memakai nama Go Mobile CIMB NIAGA

Image result for iphone kinfolk
ilustrasi foto diambil dari sini

Bermula dari ada misscall sebanyak 6x dari no 0811992684 ke no Halo gua. Gua liat no ini adalah no yang sama yang nelpon gua dua hari lalu tapi tidak terangkat juga. 
Karena gua liat kok ini sering nelpon gua, mungkin penting, ya udah gua telpon balik. 


Setelah gua telpon balik diangkat sama orang itu, cowok dengan nada agak ngegas (bukan lembut ala-ala CS biasanya)


Dan kedengeran agak riuh di sekitarnya.

Lagi, standar CS kalo nelpon kan senyap ya.


Gua: Halo
Dia: Halo

Gua: Maaf ini siapa yah nelponin saya, maaf enggak terangkat.

Dia: ini Ibu Adawiyah?

Gua: iya betul, ini siapa?
Dia: (tanpa menyebut nama) Ibu, sudah mendaftar mobile banking Niaga kan, harap mengganti pin Ibu dengan no yang akan saya kirim via SMS karena apabila tidak diganti maka akan dikenakan tarif potongan baru per bulannya sebesar 160rb untuk mobile banking.
Gua: Hah? sejak kapan mobile banking ada potongan harganya? Setau saya biaya SMS saja ya Mas
Dia: Iya ini tarif baru Ibu, jadi sekarang mohon ganti no pin Ibu ya.
Gua: Saya akan telpon ke CS Niaga langsung Mas mengenai informasi ini.
Dia: Ya Ibu tinggal ganti no pin saja sesuai no pin yang saya SMS nanti (ini mulai ngegas)
Saya kirim ya SMS nya ke no Ibu.


Kemudian masuk SMS dari no 1418
(Ini adalah no resmi Niaga)

Isinya:

"Silahkan gunakan passcode 3606 untuk login Go Mobile CIMB Niaga.

Passcode bersifat rahasia, jangan memberitahukan kepada siapapun!"
Dalam hati gua kok ada yang aneh kayaknya


Lanjut percakapan di telpon;


Gua: Lah kok Mas nya maksa, saya akan telpon ke CS ya 
Dia: Ya terserah Ibu kalo mau kena potongan 160rb per bulannya.

Gua: Mas ini siapa? Kok sangat maksa?

Dia: Nyerocos terus ngegas banget nyuruh gua ganti Pin.
Gua matiin telponnya, dia nelpon lagi. Gua reject, abis itu dia nelpon lagi. Gua cuekin aja..


Setelah itu gua telpon ke CS Niaga, ke no resmi CS CIMB Niaga di 14041, gua ceritakan kronologis kejadian yang barusan gua alami. CS bilang tidak ada tarif baru untuk mobile banking. Kalo pun ada pasti diinfokan secara resmi. Gua langsung minta blokir mobile banking gua.


Dan menghapus aplikasi Go Mobile Niaga di HP gua 


Yang bikin gua janggal adalah:
Kok No Bank pake no Halo (depannya 0811) Normalnya kan no tlp kantor.

Kok No Bank bisa gua telpon balik ?

Kok CS Bank gak nyebut nama ?

Kok CS Bank ngomongnya ngegas banget kayak sales murahan yang maksa orang buat beli ?
Kalo pin gua ganti sesuai yang dia minta, lah dia bisa ngeakses rekening gua dong ?
Lagian saat daftar Niaga kan gua pake no HP yang XL, kok dia bisa tau No Halo gua ?




Ati-ati gaes, orang-orang sekarang nipunya makin pinter.
Kita juga harus lebih pinter biar gak kena tipu -__-

Share:

0 comments