Nyaman ke Bogor dengan KRL

Bosen dengan macetnya ibukota, bosen dengan tempat hangout Jakarta yang rata-rata udah lo datengin. Cobalah sekali-kali agak minggir dikit dari kota metropolitan tercinta ini. Yup, Bogor.

Dengan menggunakan transportasi massal kereta dari stasiun Kota, warga Jakarta bisa dengan mudahnya untuk menuju kota hijab Bogor ini. Dengan tiket yang hanya lima ribu rupiah saja sudah bisa tiba di Bogor dalam waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. 
Oh iya, ketika gue naek kereta ternyata sekarang para calon penumpang sudah tidak perlu antri panjang di loket buat memburu tiket kereta. Sekarang bayar kereta sudah bisa dengan mudahnya menggunakan e-pay Flazz dari BCA. Gak bermaksud promosi atau iklan tapi ini cuman sekedar sharing aja. Semoga bermanfaat.

Jadi, di stasiun Kota, kalo mau bayar ongkos kereta bisa dengan mudahnya hanya dengan menempelkan kartu Flazz kita di pintu masuk kereta. Tentu saja harus dengan kartu Flazz yang ada saldonya ya.
Kalo Flazznya gak ada saldonya ya sami mawon :p

Bagi kalian yang gak punya kartu Flazz, jangan sedih. Di depan pintu masuk stasiun akan ada mbak-mbak atau mas-mas BCA yang akan membantu kita untuk dengan mudahnya memiliki kartu Flazz ini. Cukup isi saldo minimal 20ribu saja sudah bisa dan gak dipungut biaya tambahan lainnya.
Keren kan.

Jaman sekarang semua udah canggih. Tapi yang bikin heran, masih banyak banget orang yang malah tetep bayar di loket. Padahal di loket tiket antrinya pake banget.

Karena ketika itu gue sudah punya kartu Flazz, jadinya gue gak usah bikin baru deh. Gue tinggal isi saldonya aja deh. Canggih.

Oke lanjutin soal Bogornya. Gak kerasa setelah perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari Kota, tibalah gue di Stasiun Bogor. Sejuk, itulah hal yang akan pertama kalian rasain. Ya walaupun gak sejuk-sejuk amat. Tapi lumayanlah dibandingin dengan panasnya udara di Jakarta.
Di depan stasiun Bogor akan banyak banget dijumpai pedagang asinan bogor. Ada asinan yang isi buah ada juga yang isi sayuran. Wih seger, pedes, mantep. Lumayan buat ngilangin rasa ngantuk akibat lama di perjalanan selama di kereta. Seporsi asinan bogor seharga 7rb sd 10rb, cukup banget buat dimakan berdua.

Oke, setelah itu mau kemana lagi yah kita?
Hmm.. naek angkot aja. Di Bogor, angkotnya banyak banget. Lo tinggal bilang aja mau kemananya.

Setelah googling dan nanyain ke beberapa temen mengenai wisata di Bogor kota, lokasi pertama yang gue tuju adalah Taman Surya Kencana. Dengan hanya bayar angkot 2500 tibalah 10 menit kemudian gue di Taman Surya Kencana. Di sini lo bisa beli makanan kaya soto, sop buah yang terkenal itu, dan jangan sampe gak mampir ke tempat iconnya kulineran di Bogor; yup Macaroni panggang.

Setelah perut kenyang, balik lagi naek angkot deh. Yuhu, Kebon Raya Bogor pilihan gue selanjutnya. Dengan membeli tiket masuk seharga 12rb, lo udah bisa masuk ke kebon raya Bogor yang luas dan asri ini. Kebun raya peninggalan Belanda ini *lagi-lagi yang keren itu selalu deh peninggalan masa penjajahan* emang luas banget, bagi cewek-cewek tidak disarankan menggunakan high heels atau wedges deh karena kaki lo bakalan bisa pegel atau mungkin bisa lecet. Jadi lebih baik gue saranin pake sepatu ringan yang nyaman, kaya model flat shoes, running shoes atau sepatu kets lainnya.

Di kebon raya ini terdapat bunga bangkai Raflesia Arnoldi yang masyur itu. Bunga terbesar di dunia. Kalo lo lagi beruntung, lo akan bisa liat bunga itu mekar dan gede banget ukurannya. Biasanya bunga Raflesia mekar di bulan Juli-Agustus. Karena gue ke sininya April jadinya gak bisa ngeliat deh.

Yang gue liat cuman banyak pasangan entah muda mudi atau abege mungkin yang sedang memadu kasih alias pacaran. Ciye pacarannya di kebon ciyeee..

Hal lain yang gue suka dari kebun ini adalah, sangat banyaknya pohon yang berukuran luar biasa besarnya dan ini menurut gue keren. Selain itu juga ada jembatan merah yang iconic banget. Jangan lupa foto-foto ya~

Ternyata lumayan capek juga yak muter-muter di kebon ini. Lo bisa coba es durian atau eskrim con yang bisa di sepanjang jalan di kebun raya ini. Mantep.

Sore hari menjelang, gue mau nyoba kopi di salah satu kafe yang gak jauh dari Makaroni panggang tadi. Yup masih di seputaran Jl Taman Surya Kencana ada kafe kopi yang nyaman banget, cozy dan wifinya kenceng banget.

After maghrib, cau deh gue ke stasiun Bogor lagi. Yipi pulang ke Jakarta.

Weekend asik yang gak terlalu jauh dari Jakarta, murah meriah dan kenyang dengan pesona tukang sotonya dihampir seluruh jalan di sepanjang kota Bogor dan udara yang masih bisa dibilang rindang memang.

Share:

0 comments