JPG XC Open Championship 2012 Taman Kota 2 BSD

Pada tanggal 14-15 Juli 2012 yang lalu telah diadakan kejuaraan XC Open Championship 2012 Taman Kota 2 BSD. Kejuaraan kali ini adalah kejuaraan yang kelima kalinya dilaksanakan di track Taman Kota 2 BSD Serpong sejak tahun 2010 dan terakhir adalah event JPG Enduro XC Nite Race yang merupakan event balap sepeda gunung malam pertama di Indonesia.
Dalam perlombaan ini, panitia untuk pertama kalinya menggunakan transponder. Yaitu alat penghitung elektronik waktu putaran para peserta balap yang biasanya digunakan dalam balap sepeda motor dan mobil. Ataupun pada balap Road Bike yang berbasisi sensor dan kabel yang ditanam.
Pemasangan transponder ini merupakan penggunaan transponder pertama kali dilakukan di Indonesia dan sekaligus sebagai pelopor untuk pemakaian dalam nomor balap sepeda Cross Country/XC. Selain itu data hasil lomba dalam event ini nanti akan sangat diperlukan oleh Team MAnajemen Atlit PORD maupun ISSI masing-masing daerah sebagai tolok ukur pelatihan mereka selama ini, khususnya menjelang PON XVIII di Riau. Ungkap Pangeran Ilham Baron selaku ketua komunitas JPG ini.
Kejuaraan balap sepeda Cross Country yang berlangsung selama dua hari ini memperebutkan hadiah dengan total 60 juta rupiah. Perlombaan ini diikuti oleh para pembalap pria dan wanita yang dibagi menjadi sepuluh kelompok peserta. Diantaranya kelas Men Elite, Women Elite, Senior ( 20-29 tahun ), Junior ( 15-19 tahun ), Pra Junior  ( 10-14 tahun ) Master A ( 30-39 tahun ), Master B ( 40-49 tahun ), Master C ( 50 tahun ke atas ), Women Open ( 16 tahun ke atas ), dan Eksekutif ( 43 tahun dengan berat badan bebas ) atau berat 85 kg keatas dengan umur bebas.





Share:

0 comments