Toto Sugito – Ketua umum Bike to Work Indonesia

30 Agustus 2012 Jakarta sore kala itu seperti biasa, setelah selesai masa liburan Idul Fitri, suasana jalanan Tebet raya kembali normal, padat.
Ditemui setelah jam pulang kerja di kantornya di Tebet Barat 2, om Toto begitulah sapaan akrabnya. Pria kelahiran Jakarta, empat puluh delapan tahun silam, bernama lengkap Toto Sugito. Yang dari dulu sudah aktif dalam bersepeda dan akhirnya beliau kini menjadi ketua umum Bike to Work Indonesia.

Mulai dari gemar bersepeda sedari kecil, dan berlanjut hingga sekarang.

Pria bersahajah, ayah dari tiga orang anak ini memang sudah menggemari sepeda dari beliau kecil. “dulu ketika saya masih kecil ayah membelikan sepeda di keluarga kami,  mulai dari situ lah saya mengenal sepeda” ungkap lulusan Tekhnik Universitas Indonesia ini. Karena menurut nya dengan bersepeda bisa memperoleh beberapa aspek diantaranya, hidup sehat, sosialisasi kepada semua orang mulai dari tukang roti bersepedah hingga mentri dan presiden, lingkungan yang lebih bersih, dan tentunya nilai ekonomis dengan berhemat tanpa BBM. Dan hingga saat ini beliau kemana-mana menggunakan sepeda, termasuk ke kantor setiap hari.


UCC  :    Apa arti dari B2W ?
Toto :    Bike To Work, bersepeda ke tempat kerja. B2W sendiri adalah komunitas pekerja bersepeda

UCC :     Bagaimana awal mula terbentuknya B2W ?
Toto :     Bermula di awal tahun 2004, karena merasa jenuh dengan polusi udara dan macetnya ibukota, akhirnya bersama teman-teman yang memang memiliki kegemaran bersepada di trek sepeda Jalur Pipa Gas BSD, memiliki  visi yang sama yaitu akan terwujudnya udara dan lingkungan yang bersih di ibukota. Niat tulus dari hati  untuk bermaanfaat kepada orang banyak. Setiap bulan bersama teman-teman beramai-ramai kampanye bersepeda sepulang dari kantor, sekalian kulineran.

UCC :     Kapan terbentuknya B2W ?
Toto :    Saat itu kami berfikir, ngapain kita begini terus, kampanye, kulineran lalu bubar. Akhirnya pada 27 Agustus 2005 saya bersama rekan saya Tekad dan Taufik mempersiapkan deklarasi Bike to Work di Balai Kota Jakarta, di datangi Fauzi Bowo saat itu sebagai wakil gubernur DKI dan dihadiri oleh 700 pesepeda.

UCC :     Berapa jumlah anggota B2W yang aktif hingga kini ?
Toto:     Hingga kini jumlah anggota aktif lebih dari 6 juta orang.

UCC :     Siapa saja yang bisa bergabung di B2W ?
Toto :    B2W tidak ekslusif, terbuka untuk siapa saja.

UCC :     Harapan kedepan untuk sepeda di Indonesia?
Toto:     Harapan saya kedepannya simple saja, bersepeda bisa tidak hanya menjadi Gaya Hidup (Life Style) tetapi juga menjadi Bagian Hidup bagi generasi mendatang. Mari kita semua sama-sama  berupaya untuk menyatukan seluruh komunitas/club sepeda untuk memperjuangkan Hak Pesepeda sesuai UU No.22 thn.2009, dengan menggelorakan Satu Sepeda Satu Indonesia.  untuk persatuan / persaudaraan diantara kita dalam mewujudkan Keamanan & Kenyamanan bersepeda di jalan raya. 

UCC :    Motto hidup ?
Toto :    Hidup itu harus bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga , sesama manusia dan lingkungan.
Dan apapun yang kita lakukan harus dengan niat yang tulus dan ikhlas.


Toto Sugito
Ketua umum Bike to Work Indonesia

Tempat / tgl lahir : Jakarta / 07 Desember 1963
Pendidikan  : S1 Tekhnik Universitas Indonesia
Profesi : Managing Director PT Anggara Architeam
Hobi : Bersepeda, basket, mendengarkan musik, adventure
Makanan Favorite  : Makanan jepang


Share:

0 comments