ketika harus putus..

Bayi kalo mau bisa jalan aja mesti jatoh dulu, mana ada ye kan langsung bisa berdiri, jalan dan berlari. Yup semua perlu proses. Mana ada men di dunia ini yang instan. Mie rebus aja yang judulnya "mie instan" tetep harus dimasak dulu, direbus airnya di atas panci, belom lagi lo harus beli mie rebus nya dulu kan di warung, di pasar atau di supermarket.

Begitu pula dengan pacaran, mana ada sih pacaran yang lurus-lurus aja kaya jalan raya di Jakarta pas lagi Lebaran. Kadang udah sepi masih aja kan ketemu gang senggol sempit, ribet, nyenggol, jatoh deh. Atau bahkan lebih parahnya kalo yang namanya jatoh dan nabrak di jalan.

Lo kira pacaran bakal adem ayem aja kaya sayur bayem? Ya gak lah. Belom kalo pacar cemburu, ngambek, ngambek karena lupa ditelpon, ngambek karena gak dibbm, ngambek gak dikasih rumput. Eh lo pacaran sama orang atau sama kambing, gue lupa..

Gue pernah baca di timelinenya Gofar, kaya begini:

cemburu itu ibarat mecin, sedikit bikin gurih, kalo kebanyakan ya bikin bego.

Apapun masalah dari hubungan lo, mau cuman masalah sepele, mau masalahnya berat kaya berat badan lo, yang namanya putus itu emang gak enak men. Bukan soal berakhirnya hubungan aja sih, hilangnya sebuah kebiasaan bersamanya itu loh yang bikin berasa banget kehilangannya. Kaya misalnya, setiap pagi ada yg bangunin, karena sudah putus kan gak mungkin dia mau rajin pagi-pagi buta bangunin lo. Atau kebiasaan lainnya yang kalian lakukan berdua dan menjadi rutinas setiap hari.

Bagaimanapun caranya mengakhiri sebuah hubungan, yang namanya putus itu gak ada yang enak..
Tapi kan lo juga gak mungkin dong berlarut-larut dalam kesedihan, meratapi dirinya yang telah ninggalin lo ketika lo lagi sayang dan cinta-cintanya. Sedih wajar, yah namanya juga hidup kan.
Tapi kalo lo terus-terusan galau, sedih, mandek menjalani hidup lagi, gak ceria, semua berasa hampa, semua berasa gak bergairah, urusan kuliah jadi berantakan, kerjaan di kantor jadi gak ada yang beres cuman karena lo mikirin "kenapa dia mutusin gue??!!" "kenapa dia ninggalin gue??!!" "kenapa dia selingkuhin gueeeee??!!" Nah ini udah salah banget, Hi.. The end is just your relationship not your life.

Hidup itu indah men, dan hidup itu cuman sekali. Jadi sayang banget kalo lo cuman pake buat netesin air mata, mikirin orang dan buang waktu buat orang lain yang mungkin sama sekali tidak pernah terlintas diri kita di otaknya.

Gue ada beberapa tips yang mungkin bisa mengurangi ratapan perih hati dan berhentinya kinerja otak akibat putus cinta, baca ya :p

1. Tarik nafas, lepas perlahan dan senyum.
Tarik nafas panjang terus lepasin, dan tanamkan di benak dan otak lo: Ya udah lah ya, life must go on walaupun tanpa lo di samping gue, gue tetep bisa nafas, oksigen gak bayar ini kan :')

2. Take a cup of tea, hot coffee, or water mineral
Karena ada sebagian orang, minum teh, kopi atau cuman air putih doang bisa banget  nenangin fikiran. Belom? coba deh.. Asal jangan bir aja ya :D

3. Bercerita
Ya, bercerita ke orang lain walaupun orang itu tidak memberikan solusi, minimal orang itu mau mendengarkan aja udah cukup kok, bikin lega. Aseli. Apalagi kalo cerita ke Tuhan, lebih bikin lega dan tenang.

4. Jangan mendengarkan lagu-lagu galau
Nah ini nih, padahal niatnya gak mau galau, eh denger lagu galau bisa ketularan galau deh. Pasti pas lagi dengerin ini lagu, lo lebih mencerna ke liriknya daripada musiknya sambil bilang "liriknya gue bangeeeett !! " Kalo begini terus kapan mau move on nya coba?? Cobalah dengarkan lagu-lagu yang berlirik dan bernada senang gembira, yang bisa netralin hati, otak dan fikiran lo.

5. Jangan stalking mantan
Stop doing go to username  twitter deh, atau searching namanya di media sosial lainnya. Kenapa? Kalo lo masih ngecek media sosialnya itu artinya lo masih peduli sama dirinya, dan kalo lo masih peduli itu artinya lo masih suka. Kapan move onnya dong?? Daripada stalking dirinya yang sudah meningalkan lo, mendingan searching username lain, siapa tau isi timelinenya kocak-kocak bisa bikin lo ketawa ngakak, atau mungkin liat avatar orang-orang baru dan berkata "eh kok dia lucu juga yah~" Hihihi :p

6. Jangan pernah benci mantan lo
"Kalo masih benci sama mantan, itu artinya masih demen" Hayo ngaku deh :p Jadi hilangkan rasa benci lo, hilangkan pikiran "jahat banget sih dia" Normal aja pokoknya, jangan benci juga jangan menyimpan rasa sayang. Netralin hati lo..

7. Percantik diri
Ke salon, coba ganti model rambut, bikin diri senang dengan nyaman dan relaxnya ke spa. Coba ganti style penampilan yang lebih keren dan kece. Kalo lo semakin males merawat diri, lo akan semakin males ngejalanin hidup. Percantik diri itu kan emang harus lagi, ya minimal walau gak cantik tapi bisa bikin diri sendiri nyaman dan percaya diri.

8. Persibuk diri
Ingat, gak ada kerjaan adalah pangkal iseng, iseng pangkal mikirin macem-macem, mungkin termasuk mikirin mantan. Eh galau lagi deh :p Makanya kalo gitu, sibukin diri lo dengan banyak kegiatan positif baru, lebih rajin kuliah, lebih fokus urusan kerja dan keluarga, ikut komunitas-komunitas seru lainnya, ikut kegiatan-kegiatan baru yang positif dan nanti ketemu orang baru. Siapa tau ye kan~

"ya elah gue juga gak jelek-jelek amat kok, besok-besok juga gue bisa dapet pacar lagi~"






Share:

0 comments