Untuk menjadi sebuah renungan

Jika kamu ditinggalkan orang lain, cobalah untuk tidak menyalahkan orang yang meninggalkanmu. Mari kita buat sudut pandang baru, ada apa denganmu sehingga kamu ditinggalkan?

Jika kamu dibenci orang lain, cobalah untuk tidak membenci orang tersebut. Mari kita bertanya tentang dirimu sendiri, apa yang membuat mereka membencimu?

Jika kamu dilupakan orang lain, cobalah untuk tidak menyalahkannya. Mari kita lihat dari sisi lain, mengapa kamu menjadi mudah dilupakan?

Jika kamu diragukan orang lain, cobalah untuk tidak menjauhinya. Mari kita bertanya bersama-sama. Apa yang membuatmu menjadi diragukan?

Kadang dan mungkin sering kita menuntut orang lain untuk sejalan dengan pikiran dan suasana hati kita. Sayangnya, hidup ini tidak seperti itu. Dan seringnya kita menyalahkan orang lain (dan juga keadaan) atas ketidaknyamanan hidup kita.
Maka, di hari yang baik ini kita akan sama-sama belajar untuk melihat dari sudut pandang yang baru. Sudut pandang yang membuat segala bentuk masalah hidup yang kita hadapi sebagai media refeklesi, media untuk kita berkaca tentang diri kita sendiri.
Karena mungkin orang lain sungkan untuk mengutarakan kritiknya kepada kita, mereka sungkan untuk memberi tahu kesalahan kita. Dan kita akan belajar dari semua hal yang terjadi dalam hidup kita mulai hari ini. Hal-hal yang mungkin menyedihkan dan mungkin pula membuat kita marah. Mulai hari ini, semua itu akan menjadi wahana kita untuk berkaca dan membenahi diri.
Kita akan bergerak menjadi lebih baik, tidak hanya untuk diri kita sendiri. Juga untuk orang-orang yang dekat dan akan didekatkan kepada kita nantinya.
Selamat menjalani hari yang baru :)

---
Ini bukan tulisan gue, tapi gue ambil dari sini: 

Share:

0 comments