Weekend Memasak Ala Neng Upil: Ikan Gurame Sambal Kecap

Gue hampir gak punya waktu buat masak kalo bukan di hari weekend.
Senin - Jumat selalu dipake buat kerja, mungkin bisa sih pagi sebelum berangkat ngantor. Tapi sering gak sempet. Huft..

Mungkin saya kurang bangun pagi.

Jadi Sabtu kemaren gue di rumah, dibeliin kakak gue ikan gurame yang lumayan gede. Gak terlalu jauh dari rumah gue ada tempat penjualan ikan gurame hidup. Jadi kayak semacam peternakan ikan gurame gitu. Harga sekilonya 45.000 dan dalam 1 kg biasanya akan mendapat 2 ekor gurame. Ya emang jauh lebih hemat kalo dibandingin kita beli di restoran daripada masak sendiri. Tapi masalahnya apakah mau dan mampu? Belum lagi masalah waktu ya susah.
Kalo kalian ada waktu senggang, bisa ikutin tips memasak ikan gurame goreng sambal kecap sederhana ini tapi rasanya luar biada.

Ini resepnya:
2 ekor ikan gurame
1 buah jeruk nipis/ limau
Garam
Minyak goreng
Setelah ikan dibersihkan oleskan garam dan peras jeruk ke seluruh bagian ikan. Hal ini dilakukan supaya ikan tidak bau amis.
Setelah jeruk dan garam meresap, goreng ikan di atas minyak panas.
Jangan terlalu sering diaduk karena akan merusak tekstur si ikan.
Angkat dan tiriskan setelah berwarna coklat keemasan.

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 tangkai cabai merah
5 tangkai cabai rawit
Kecap manis
Semua bahan dipotong dadu kecil-kecil kemudian disiram kecap.

Sajian menu resep Ikan Gurame Sambal Kecap ini paling pas dimakan bersama keluarga tersayang :p
Masaknya gak repot. Selamat mencoba. Cihuy :D




Share:

2 comments